Labels

Thursday, December 12, 2013

KAJIAN KRITIS TERHADAP DIET ALKALINE



Diet alkaline

Beberapa pakar percaya bahwa keasaman yang terlalu tinggi dapat memperburuk sejumlah gangguan kesehatan seperti artritis, diabetes, asam urat, batu pada kantung kemih, masalah ginjal, penyakit jantung, gangguan otot dan tulang, serta fungsi paru-paru yang buruk.

www.details.com
Satu-satunya yang perlu kita ketahui adalah bahwa keseimbangan asam/basa memang sangat penting untuk kesehatan yang baik,

Alkaline diet atau diet alkalin adalah pengaturan pola makan untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh. Dasar teori dari alkaline diet adalah tubuh menjadi sasaran empuk penyakit jika bersifat asam. Oleh karena itu, kita membutuhkan makanan alkaline (bersifat basa) yang dapat mempertahankan keseimbangan pH dalam darah.

Cara kerja program diet ini adalah menyeimbangkan pH hingga tingkat optimal, lalu membangun sel dan jaringan tubuh, sehingga badan menjadi sehat. Dengan diet ini, berarti juga telah melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh), sehingga sel-sel tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Direkomendasikan bahwa untuk memperoleh kesehatan yang optimum dan meningkatkan daya tahan kita terhadap penyakit, sebaiknya kita makan empat bagian makanan pembentuk basa dan satu bagian makanan pembentuk asam, artinya, 80% sayuran dan buah-buahan dan 20% protein dan pati. Beberapa penulis kesehatan mengacu pada pedoman ini dan memberikan beberapa rekomendasi serupa yang mutakhir. Beberapa menyarankan agar seperlima bagian dari diet kita sebaiknya terdiri dari makanan yang dimasak dan sisanya sebesar empat perlima bagian sebaiknya makanan mentah.

Kombinasi makanan yang serasi sehingga tercipta pH tubuh sedikit alkaline, maka kita bisa berpegang pada pola kombinasi asam-basa berupa makanan sumber karbohidrat + sayuran atau sumber protein + sayuran.

Kajian kritis diet alkaline

  •  Bayangkan anda , Anda hanya boleh makan 20% makanan pembentuk asam (daging, keju, telur, padi-padian, dan sebagainya) dan 80% buah-buahan dan sayuran pembentuk-basa, saran itu bisa terasa menakutkan. Tidak ada nasi rendang apalagi nasi telur.

  • 80% buah-buahan dan sayuran, mentah lagi, bagaimana dengan residu pestisida di sayuran dan buah buahan mentah.

  •  Mahal, coba hitung ulang berapa rupiah yang anda harus keluarkan untuk membeli sayuran dan buah buahan agar perut anda kenyang seperti makan nasi. Apalagi kalau beli yang organik.

  • Tidak cocok untuk pekerja keras yang harus mengeluarkan banyak tenaga yang membutuhkan banyak karbo dan kalori.

  •  Diet alkali berpotensi membatasi protein dan kalsium yang dapat menjaga kekebalan dan menyehatkan sel tubuh.

No comments:

Post a Comment